01 September 2011

Buah-Buahan Penurun Kolesterol

Untuk mengurangi maupun menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh, kita bisa memanfaatkan beberapa macam buah-buahan yang sudah di uji klinis oleh para ahli.

Buah-buah tersebut sangat membantu menurunkan kolesterol secara efektif. Beberapa macam buah yang tersebut berikut ini memiliki berbagai kandungan penting yang berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol.


1.  Lemon (jeruk lemon)
Lemon merupakan buah yang paling tinggi akan vitamin C (256,00 mg) dan kalsium (126 mg). Pada umumnya, jeruk lemon dikonsumsi sebagai jus. Kandungan pektin yang terdapat dalam buah lemon, ternyata mampu membantu untuk menurunkan kolesterol pada tubuh.

2.  Anggur
Buah anggur memiliki sifat basa. Sifat basa inilah yang dapat menetralkan darah yang terlalu asam. Asam yang berlebihan tersebut sangat merugikan kesehatan. Karena kandungan air yang ada pada anggur cukup tinggi, maka lemak-lemak yang menimbun dan mengeras pada beberapa bagian tubuh pun akan hancur. 

Selain kandungan airnya tinggi, anggur juga mengandung phytochetimal yang dapat meningkatkan kesehatan, antikanker dan antioksidan. Disamping itu kandungan polifenol, pektin, tanin, dan vitamin C yang sebagian besar berfungsi untuk menonaktifkan virus dan tumor. Kandungan pektin diperoleh dari 2 buah anggur. Jika kita mengkonsumsinya setiap hari, maka dapat menurunkan kolesterol hingga 19%.

3.  Apel
Khasiat apel terletak pada kandungan pektin dan karoten. Kedua kandungan tersebut merupakan serat yang larut dalam air (terdapat pada kulit apel). Dalam proses pencernaan kita, pektin akan mengikat kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah, kemudian dikeluarkan melalui feces.
Selain berfungsi untuk memperbaiki otot pencernaan dan membantu mendorong sisa-sisa makanan pada saluran pembuangan, pektin juga dikenal sebagai antikolesterol. Apabila vitamin C dan pektin saling berinteraksi, maka dapat menurunkan kolesterol. Tips : jangan mengupas kulit apel, sebab disitulah letak kandungan pektin yang paling tinggi.

4.  Alpukat
Bisa dikatakan buah alpukat adalah buah yang kandungan lemaknya 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah yang lainnya. Banyak yang beranggapan, bahwa buah ini dapat memicu kegemukan. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab lemak yang terkandung dalam buah alpukat termasuk lemak tak jenuh. Menurut penelitian di Amerika dengan sampel usia 27-72 tahun, mengkonsumsi alpukat sebanyak ¼ - ½ buah setiap hari ternyata dapat menurunkan serum kolesterol jenuh sebanyak 8,7 – 42,8%.

5.  Guava / jambu biji
Selain mengandung vitamin C, ternyata guava juga memiliki kandungan pektin/serat makanan yang tinggi terutama yang daging buahnya berwarna merah. Kandungan pektin biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat gel / jeli. Pektin sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah (hipokolesterolemik) dan menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik) pada tubuh kita.
6.  Melon
Melon yang kaya akan kadar air ini mengandung vitamin A, B kompleks dan C, betakaroten,  dan likopen. Melon juga mengandung adenosin yang berperan meningkatkan kerja aspirin untuk mencegah penggumpalan darah. Sehingga darah yang mengalir dari jantung ke otak akan lancar, sebab tidak ada penyumbatan kolesterol.
7.  Pepaya 
Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi pepaya lebih tahan terhadap resiko penyakit lambung yang diakibatkan karena stres. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol darah, mengusir radikal bebas, menguatkan jantung, dan mengendalikan kadar lemak dalam darah.
Nah, dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa banyak buah-buahan disekitar kita yang mengandung pektin, dimana zat tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi anda semua yang hobby terhadap makanan-makanan berkolesterol tinggi, harap mengimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran lebih banyak. Kalau perlu, batasilah mengkonsumsi makanan-makanan berkolesterol tinggi. Karena yang menentukan kesehatan hidup adalah kita.


daftar referensi :
Harlinawati, Yuni. 2006. Terapi Jus untuk Kolesterol. Jakarta: Puspa Swara
http://majalahkesehatan.com/15-makanan-yang-menurunkan-kadar-kolesterol/